TIPS DAN CARA MERAWAT JAM TANGAN

by - November 14, 2018


jam tangan wanita, jam tangan sophie paris, jam tangan sophie martin, watches, cara merawat jam tangan, supaya jam tangan awet, perawatan tali jam tangan, perawatan jam tangan water resistanst, jam tangan waterproof
pic. sophieparis

Sebelum membahas bagaimana cara merawat jam tangan supaya lebih awet dan tahan lama, sebaiknya kita perlu mengenal jam tangan dan bagian-bagiannya terlebih dahulu. Jam tangan memiliki bagian-bagian penting di antaranya sebagai berikut:


jam tangan wanita, jam tangan sophie paris, jam tangan sophie martin, watches, cara merawat jam tangan, supaya jam tangan awet, perawatan tali jam tangan, perawatan jam tangan water resistanst, jam tangan waterproof


Crown, tombol yang digunakan untuk mengatur jam tangan secara manual.
Dial, bagian dari jam tangan dimana terdapat angka, jarum jam, tanggal.
Lug , tempat dimana strap dikaitkan.
Hands, jarum jam yang menunjukkan jam, menit dan detik.
Case, rangka jam atau badan dari jam tangan.
Bezel, bagian dari case yang mengelilingi dial.
Marker, angka atau bentuk lainnya seperti garis atau titik pada jam tangan.


Kamu tentunya ingin tampil dengan baik dan karena jam tangan merupakan salah satu aksesoris yang menunjang penampilanmu, maka jam tangan harus dirawat dengan baik pula. Apa yang harus dihindari untuk membuat jam tangan tetap awet dan terawat dengan baik:

Air
Hal yang paling dihindari ketika menggunakan jam tangan adalah air. Tentunya kita akan melepas jam tangan tersebut supaya terhindar dari air, kecuali jam tangan yang kamu beli adalah jam tangan yang didesain khusus untuk masuk ke air seperti diving. Dalam artikel saya sebelumnya Jam Tangan Water Resistant Bukan Waterproff, water resistant sendiri mempunyai tingkatannya, jadi kita tetap harus waspada. 

Suhu Ekstrim
Suhu panas dan dingin yang berlebihan dapat melemahkan dan mempersingkat masa pakai baterei jam tangan. Menjaga jam tangan jauh dari suhu ekstrim akan membantu jam tangan bertahan lebih lama.

Goresan
Menghindari segala bentuk pekerjaan keras yang kemungkinan dapat membuat jam tangan tergores. Karena membiarkan jam tangan tergores dalam waktu yang lama akan membuatnya mudah kemasukan air.

Magnet

Medan magnet akan membuat gerak komponen didalamnya tidak teratur bahkan akan berhenti.

Lalu bagaimana cara merawat jam tangan? Seperti perawatan pada barang-barang pada umumnya adalah sama, namun untuk beberapa jam tangan seperti jam tangan dengan water resistant dan jam tangan kulit mempunyai perawatan dan penanganan yang berbeda. Berikut tips-tips nya:

Perawatan jam tangan water resistant:


  • Saat berada di dalam atau sekitar air, jangan memutar bezel, jangan merubah waktu dengan menarik dan menutup crown. Karena hal tersebut lama kelamaan akan membuat air masuk dengan bebas. 

  • Periksa dan pastikan bahwa tombol pemutar tidak terbuka atau sudah benar-benar di dorong kedalam

  • Apabila jam kamu hanya memiliki 1 atm, tidak disarankan untuk mandi menggunakan jam. Sabun, shampoo atau cairan lainnya akan membuat jam tangan mengalami korosi lebih cepat. Apabila terjadi hal tersebut, yang perlu dilakukan segera adalah membersihkan  jam tangan dari busa atau sabun dengan air bersih, kemudian dilakukan pengeringan dengan cepat.



Perawatan jam tangan kulit:


jam tangan wanita, jam tangan sophie paris, jam tangan sophie martin, watches, cara merawat jam tangan, supaya jam tangan awet, perawatan tali jam tangan, perawatan jam tangan water resistanst, jam tangan waterproof


  • Lindungi jam tangan dari sinar matahari langsung karena akan membuat kulit dari jam tangan terkelupas atau pecah-pecah.
  • Jam tangan juga perlu terhindar dari debu ataupun asap. Hal ini juga akan membuat warna tali jam tangan cepat memudar.
  • Bersihkan kotoran, debu dengan spons lembut
  • Hindari mandi, berendam atau berenang lama dengan jam tangan kulit meskipun jam tangan yang kamu miliki anti air. Air laut akan mempercepat kulit tali jam tangan menjadi tipis.
  • Jika tali jam tangan basah, maka secepatnya lap dengan handuk kering dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.
  • Kenakan jam tangan dengan sedikit longgar, penggunaan yang terlalu ketat akan membuat tali jam tangan mudah mengelupas dan rusak.
  • Hindari bergesekan dengan aksesoris lainnya yang materialnya tajam dan dapat merusak kulit tali jam tangan.
  • Bersihkan kulit dengan pembersih kulit dan gunakan spons agar tidak merusak kulit.
Demikian tips dan cara merawat jam tangan, semoga informasi ini bisa membantu dan membuat tampilanmu tetap stylish.













You May Also Like

0 $type={blogger}