JAM TANGAN WATER RESISTANT BUKAN WATERPROOF

by - September 04, 2018



Selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga meningkatkan kepercayaan diri pemakainya. Alasan lainnya yang paling sering ditemui adalah karena jam tangan itu "Water Resistant" atau tahan air. Ini juga pertanyaan yang sering ditanyakan ke saya melalui chat soal jam tangan, apakah jam tangan Sophie Paris anti air dan bisa dipakai berenang?



Bunda cantik, jangan salah paham antara water resistant dan waterproof. Meskipun secara definisi bahasa water resistant dan waterproof sama-sama tahan air, namun untuk jam tangan sudah memiliki aturan. Aturan penggunaan istilah ini dikeluarkan oleh Federal Trade Commmision bahwa penggunaan istilah yang tepat untuk jam tangan adalah water resistant. 




Jam dengan keterangan Water Resistant artinya  jam tersebut tahan terhadap tekanan air, jadi bisa sedikit bertahan terhadap cipratan air atau hujan. Jam tangan tahan air atau water resistant memiliki satuan atm (atmospheres), feet (ft) atau bar. Perlu kamu ketahui bahwa WR 1 ATM = 10 meter, artinya jam tersebut mampu tahan terhadap air  pada 1 atmosphere atau 10 meter. Namun bukan berarti kamu dapat berenang di kedalaman 10 meter dengan menggunakan jam tersebut, apalagi dalam waktu yang lama. Karena tingkat ketahanan jam tangan terhadap tekanan air berbeda-beda, semakin besar atm maka semakin besar ketahanan jam tangan terhadap air.


Sebagai referensi juga bunda, jam tangan Sophie Paris dengan kelebihan water resist umumnya terdapat pada jam tangan sport pria. Kebanyakan jam tangan pria Sophie Paris masih dengan WR 1 atm. Tapi bukan berarti Sophie Paris tidak mengeluarkan produk jam tangan dengan WR lebih dari 1 atm. Sesuai dengan keunggulan, harga yang dibandrol untuk jam tangan yang lebih dari 1 atm ini pastinya cukup mahal.
Baca juga: Automatic Watch dari Sophie Martin Paris

Tingkatan ketahanan jam terhadap air atau water resistant adalah sebagai berikut:

Water Resistant 3 atm atau 30 meter, dapat digunakan sehari-hari dan tahan terhadap percikan air atau hujan. Tidak untuk segala aktifitas yang berhubungan dengan air seperti berenang, snorkling, mandi, berendam apalagi menyelam.

Water Resistant 5 atm atau 50 meter, jam tangan sudah cukup aman untuk mandi, berenang , arum jeram dan kegiatan lain selain menyelam.

Water Resistant 10 atm atau 100 meter, selain mandi, berenang, arum jeram, dapat digunakan untuk snorkeling dan tidak untuk menyelam.

Water Resistant 20 atm atau 200 meter, selain aktifitas air di atas, WR 20 atm juga bisa digunakan untuk skin diving atau menyelam pada pinggiran pantai saja.



Jadi dari informasi ini, semoga bisa membantu dan bunda bisa menjelaskan seputar jam tangan water resistant dari Sophie Paris kepada calon pembeli nanti. Untuk yang belum menjadi member Sophie Paris, yuk Daftar Sophie Paris Online




You May Also Like

0 $type={blogger}